:

Pertanyaan yang sering ditanyakan

FAQ

Di halaman ini kami daftarkan pertanyaan-pertanyaan yang paling umum ditanya oleh para pengguna kami beserta jawabannya. Apabila pertanyaan Anda tidak termasuk di sini, silahkan hubungi kami.

Telepon : (021) 5794 1845
Email : admin@restock.id
Senin - Jum'at | 10.00 - 18.00 WIB

Restock adalah situs crowdfunding Peer-to-Peer Lending di Indonesia yang menghubungkan pelaku usaha / UKM yang membutuhkan modal atau pembiayaan untuk mengembangkan usahanya dengan orang-orang yang mempunyai dana untuk dipinjamkan pada usaha-usaha tersebut. Situs Restock dimiliki dan dikelola oleh perusahaan yang berbadan hukum di Indonesia dengan nama PT Cerita Teknologi Indonesia.

Setiap orang Indonesia yang telah berusia 17 tahun dan telah mempunyai KTP dapat mendaftar sebagai anggota Restock.

Kunjungi www.restock.id lalu klik tombol daftar di kanan atas. Masukkan e-mail dan password. Siapkan KTP, NPWP, dan nomor rekening. Kamu akan diminta untuk mengunggah scan copy dari KTP dan NPWP. Setelah pendaftaran selesai, kamu akan dapat mengakses seluruh situs kami.

Tidak, pendaftaran gratis dan tidak dikenakan biaya apapun.

Restock dijalankan oleh sebuah tim yang terdiri dari para praktisi berpengalaman di bidang keuangan dan teknologi.

Informasi pribadi Anda akan kami simpan secara aman, dilindungi oleh fitur keamanan online terbaik sesuai dengan yang ada di Kebijakan Privasi kami. Restock memiliki sistem proteksi fisik, elektronik, dan manajerial yang baik untuk menghindari akses yang tidak sah atau penggunaan yang tidak sesuai terhadap informasi pelanggan. Restock tidak akan memberikan informasi pelanggan kepada pihak ketiga tanpa izin, dan tidak akan menghubungi Anda untuk menanyakan data pribadi selain untuk kelengkapan verifikasi.

Anda akan menerima e-mail dari kami berisi sebuah link untuk memverifikasi alamat e-mail Anda. Jika Anda tidak menerima e-mail tersebut, silakan mengecek laman Spam. Anda dapat meminta agar e-mail verifikasi dikirimkan kembali melalui laman Dashboard Anda.

Anda dapat mengganti kata sandi dengan masuk ke dalam akun Restock dan laman Dashboard, klik Profil Pengguna, akses bagian Profil Saya, ubah kata sandi sesuai yang Anda inginkan.

Peer-to-Peer Lending atau yang dikenal sebagai loan-based crowdfunding atau marketplace lending adalah skema pembiayaan pembiayaan dimana pelaku usaha mengajukan pembiayaan untuk didanai secara langsung oleh kumpulan pemberi pembiayaan, tanpa melalui perantara bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Restock mempertemukan peminjam dengan pemberi pembiayaan. Restock juga melakukan analisis kelayakan dan risiko pembiayaan, serta mengurus seluruh tertib administrasi pembiayaan, seperti distribusi pembayaran pembiayaan dan penagihan.

Siapapun berusia minimal 18 tahun yang tinggal di Indonesia dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Indonesia. Saat ini kami hanya memiliki operasi di wilayah Jabodetabek. Jika Anda berada diluar wilayah Jabodetabek, Anda masih dapat menggunakan layanan kami. Pemberi Pembiayaan dapat memberi pembiayaan jika memiliki KTP, rekening bank di Indonesia, dan telah terdaftar menjadi pengguna Restock. Restock menyarankan Pemberi Pembiayaan untuk memiliki NPWP. Jika kamu belum mempunyai atau masih mengajukan aplikasi NPWP, silakan mendaftar terlebih dahulu dan menyusulkan NPWP kemudian.

Setelah Anda terdaftar dan selesai diverifikasi, Anda bisa langsung mulai mencari peminjam yang sesuai dengan kriteria Anda. Klik di sini. untuk mendaftar sebagai Pemberi Pembiayaan.

Pastikan kamu memilih pembiayaan yang akan kamu danai sesuai dengan keinginan kamu.
Kamu dapat memberikan Pembiayaan pada peluang Pembiayaan yang sedang berlangsung pada halaman "Dashboard Pembiayaan". Detail Pembiayaan dapat dilihat dengan mengklik peluang Pembiayaan tersebut. Klik tombol “Danai” dan masukan nominal pembiayaan yang kamu inginkan, jika sudah yakin dengan peluang Pembiayaan yang ingin kamu danai.
Setelah kamu mendanai, maka kamu akan diberikan nomor Virtual Account untuk melakukan transfer, dan kamu akan dikirimkan perjanjian surat kuasa untuk menandatangani perjanjian secara digital menggunakan akun dari PrivyID.

Setelah Anda terdaftar sebagai Pemberi Pembiayaan, Anda dapat memberi pembiayaan mulai dari Rp 50.000.000,-. Tidak ada batasan maksimum seberapa besar Anda dapat memberi pembiayaan, namun kami sarankan Anda untuk membagi dana ke beberapa pembiayaan.

Melalui Restock Anda memberi pembiayaan langsung ke orang dan bisnis sesungguhnya, bukan ke produk keuangan buatan. Para Penerima Pembiayaan kami daftarkan pembiayaan untuk tujuan yang membangun, seperti mengembangkan bisnis, memperbaiki kondisi keuangan, pendidikan dan kesehatan.
Semua Penerima Pembiayaan di Restock harus melewati beberapa proses evaluasi dan validasi data untuk mendapatkan pembiayaan. Mereka juga akan melewati proses analisa kredit yang meliputi analisa laporan keuangan, analisa permohonan Pembiayaan dan algoritma analisa keuangan kami untuk mengevaluasi kemampuan pembayaran mereka. Mohon diperhatikan bahwa permohonan pembiayaan di Restock terbagi dalam beberapa kategori yang diberikan berdasarkan analisa resiko. Pelaku usaha yang telah lolos analisis kelayakan dan risiko usaha, serta dinyatakan layak mendapatkan Pembiayaan oleh Tim Restock.

Setelah Anda terdaftar sebagai Pemberi Pembiayaan, Anda dapat memberi pembiayaan mulai dari Rp 50.000.000,-. Tidak ada batasan maksimum seberapa besar Anda dapat memberi pembiayaan, namun kami sarankan Anda untuk membagi dana ke beberapa pembiayaan.

Ya. Restock melakukan analisis kelayakan dan risiko pembiayaan untuk meminimalisasi kegagalan pembayaran, Pembiayaan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif yang dilaksanakan meliputi pengecekan besar pendapatan, kecukupan arus kas untuk membayar bunga dan pokok Pembiayaan, perbandingan ekuitas dan kewajiban, serta perbandingan aset dan kewajiban peminjam. Analisis kualitatif yang dilakukan meliputi pengecekan rekam jejak, tingkat pendidikan, dan pengalaman usaha atau bekerja peminjam.
Restock berupaya untuk menekan angka kredit macet. Namun, risiko kredit dalam pemberian Pembiayaan Pembiayaan tetap ada, seperti risiko gagal bayar atau kegagalan usaha. Restock juga berkomitmen untuk melindungi hak para pengguna Restock dengan memperoleh sertifikasi ISO 27001 yang menjamin penerapan standar keamanan informasi terbaik bertaraf internasional.

Suku bunga efektif yang kamu dapatkan adalah sebesar rata-rata 24%-30% per tahun. Setiap peluang Pembiayaan memiliki suku bunga yang berbeda sesuai dengan hasil analisis kelayakan dan risiko Pembiayaan yang dilakukan oleh Tim Restock.

Sistem bunga flat adalah sistem perhitungan bunga dimana porsi bunga dihitung berdasarkan jumlah pokok utang awal. Misalnya utang Rp1.200.000 dengan bunga flat sebesar 12% per tahun/1% per bulan (sama dengan 21.46% bunga efektif per tahun/1.78833% per bulan), maka dalam setahun pembayaran pokok adalah sebesar Rp1.200.000 dan pembayaran bunga adalah sebesar Rp144.000 (12% x Rp1.200.000), dengan rincian sebagai berikut:

Bulan Sisa Pokok Pinjaman
Di Awal Bulan
Cicilan Pokok Pembayaran Bunga Bulanan
1 Rp 1.200.000 Rp 90.543 Rp 21.457
2 Rp 1.109.457 Rp 92.162 Rp 19.838
3 Rp 1.017.295 Rp 93.810 Rp 18.190
4 Rp 923.486 Rp 95.487 Rp 16.513
5 Rp 827.998 Rp 97.195 Rp 14.805
6 Rp 730.804 Rp 98.933 Rp 13.067
7 Rp 630.871 Rp 100.702 Rp 11.298
8 Rp 531.170 Rp 102.502 Rp 9.498
9 Rp 428.668 Rp 104.335 Rp 7.665
10 Rp 324.333 Rp 106.201 Rp 5.799
11 Rp 218.132 Rp 108.100 Rp 3.900
12 Rp 110.033 Rp 110.033 Rp 1.967
Total Rp 1.200.000 Rp 144.000
Rp 1.344.000

Tenor Pembiayaan dimulai dari 1 bulan sampai 12 bulan. Setiap peluang pembiayaan memiliki tenor Pembiayaan yang berbeda. Informasi ini dapat dilihat di halaman detail Pembiayaan.

Setiap peluang pembiayaan memiliki sistem perhitungan besaran angsuran yang berbeda. Besar angsuran dihitung dari besar bunga, tenor pembiayaan dan periode pembayaran pokok pembiayaan (bulanan, tiga bulanan, empat bulanan, semesteran, tahunan atau satu kali pembayaran di akhir tenor Pembiayaan). Informasi ini dapat dilihat di halaman detail pembiayaan.

Kamu akan mendapatkan pembayaran atas pembiayaan dan bunga melalui akun di Restock secara bulanan. Dana dapat kamu cairkan ke rekening bank terdaftar sewaktu-waktu. Pencairan tersebut membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja.

Kamu bisa melihat detail dan memantau status pemberian pembiayaanmu di halaman Portofolio. Di halaman ini, kamu bisa melihat pembiayaanmu yang sedang berlangsung, terlambat, macet, tak tertagih, dan sudah lunas. Berikut adalah keterangan dari setiap kategori status pembiayaanmu,
Aktif: seluruh pemberian pembiayaan yang masih terhutang dengan status pembayaran lancar. Kamu bisa melihat detail dan jadwal pembayaran selanjutnya dengan meng-klik kartu tiap-tiap peluang usaha.
Terlambat / telat: pemberian pembiayaan yang masih terhutang, namun terlambat dibayarkan oleh debitur dalam periode < 90 hari. Klik kartu untuk mengetahui jadwal pembayaran terakhir dan status keterlambatan pembayarannya. Tim penagihan terus melakukan proses penagihan dan monitoring yang ketat atas sisa pembiayaan ini.
Macet: pemberian pembiayaan yang masih terhutang, namun debitur belum melakukan pembayaran dalam periode > 90 hari. Klik kartu untuk mengetahui jadwal pembayaran terakhir dan status keterlambatan pembayarannya. Tim penagihan terus melakukan prose penagihan dan monitoring yang ketat atas sisa pembiayaan ini.
Tak tertagih: pemberian pembiayaan yang masih terhutang, namun debitur belum melakukan pembayaran dalam periode > 90 hari, dan dinilai oleh tim penagihan Restock sudah tidak dapat tertagih setelah dilakukan berbagai upaya penagihan. Pembiayaan yang masuk dalam kategori ini bisa dianggap loss / kerugian yang dialami oleh Lender / Pemberi Pembiayaan, sebagai bagian dari risiko pemberian pembiayaan di platform Peer-to-Peer Lending.
Sudah lunas: pemberian pembiayaan yang sudah lunas dibayarkan oleh debitur.

Untuk tenor pembiayaan 1-24 bulan, kamu tidak terkena fee atau GRATIS.

Pelaporan pajak pemberi pembiayaan dilakukan secara pribadi dengan mengikuti PPh 21 yang nilainya berlaku progresif sesuai dengan tarif pajak pribadimu. Jika kamu adalah WNI yang sedang bekerja di luar negeri, bunga hasil pemberian pembiayaan dikenakan 20% final sesuai dengan PPh 26 dan dilaporkan secara pribadi.

Penggalangan dana pembiayaan berlangsung selama maksimal 30 hari. Pada akhir periode tersebut apabila jumlah dana pembiayaan yang terkumpul lebih dari atau sama dengan 80% dari jumlah pembiayaan, maka penggalangan berhasil dan akan memasuki masa finalisasi dan pengiriman dana pembiayaan ke peminjam. Bila tidak mencapai 80%, maka penggalangan gagal dan dana akan kami kembalikan ke akun para pemberi pembiayaan.

Tidak. Restock tidak menjamin pembiayaan yang ada, namun kami melakukan analisis kelayakan setiap pembiayaan secara mendalam dan berkomitmen untuk meminimalisasi angka kredit macet yang mungkin terjadi.

Ya. Lebih dari 98% nilai porfolio pembiayaan Restock beragunan dan hanya sekitar 2% yang tidak beragunan. Penyertaan agunan mempengaruhi kelayakan pembiayaan dan mengurangi risiko, sehingga berbanding lurus dengan grade dan suku bunga dari pembiayaan tersebut. Agunan yang dapat disertakan oleh peminjam bisa berbentuk tagihan/invoice, barang yang terdapat pada di Gudang penyimpanan yang rekanan dengan Restock, security payment. Informasi ini dapat dilihat di halaman detail pembiayaan.

Ya. Pembiayaan bisa dijamin oleh penjamin pribadi (personal guarantor) jika ada, penjamin perusahaan (corporate guarantor) jika ada, ataupun tidak dijamin oleh pihak ketiga manapun. Informasi ini dapat dilihat di halaman detail pembiayaan.

Tidak. Kamu tidak bisa mencairkan pembiayaan sewaktu-waktu. Kamu harus menunggu pembayaran dari peminjam sesuai dengan tenor pembiayaan.

Ya. Peminjam dapat melunasi pembiayaan lebih dulu sebelum akhir tenor pembiayaan. Jika hal tersebut terjadi, peminjam membayar bunga sampai dengan akhir bulan dari tanggal pelunasan pembiayaan. Dalam hal ini, kamu sebagai pemberi pembiayaan akan mendapatkan pengembalian bunga sampai dengan akhir bulan dari tanggal pelunasan tersebut.

Saat ini Restock telah mengimplementasi perlindungan asuransi kredit atas beberapa pembiayaan sesuai dengan kriteria dari tim analis risiko dari Restock.
Premi asuransi ini dikompensasikan dalam bentuk tingkat imbal hasil yang telah disesuaikan kepada lender / pemberi pembiayaan apabila memenuhi persyaratan dari pihak asuransi. Asuransi kredit akan memberikan pengembalian 80% dari total pokok dan yang masih terhutang pada hari ke-90 sejak tanggal jatuh tempo pembiayaan.

Gagal bayar selalu jadi bagian dari risiko dalam pembiayaan, karena selalu ada resiko Penerima Pembiayaan tidak dapat lagi melunasi pembiayaan. Kami menyarankan para Pemberi Pembiayaan untuk membaca informasi tentang layanan peer-to-peer agar dapat lebih mengerti keuntungan dan risiko dalam memberi pembiayaan. Meski demikian, Restock telah memitigasi risiko ini dengan berbagai langkah:

  • Kualitas dan Penilaian kredit

    Kami menggunakan Big Data untuk melengkapi atau menggantikan cara tradisional dan menjalankan algoritma penilaian kredit kami. Hanya Penerima Pembiayaan yang lulus yang akan mendapat persetujuan pembiayaan.Peminjam yang sudah disetujui akan diberikan penilaian kredit. Baca lebih lanjut mengenai penilaian kredit di di sini..

  • Mitra yang Terkemuka

    Kami bekerjasama dengan mitra-mitra terdepan dalam kualitas dan teknologi untuk memberikan kualitas analisa pembiayaan yang lebih baik dan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna layanan kami.

  • Proteksi Data

    Semua data yang dikirim dari browser Anda ke website kami dienkripsi menggunakan standar industri SSL. Website kami juga di-hosting pada pusat data yang aman, ter-enkripsi dan secara berkala dibuatkan backup. Pusat data kami dilindungi firewall dan mekanisme keamanan lain yang terjaga dan termonitor. Akses ke akun Anda juga dilengkapi menggunakan kode sandi dan konfirmasi pin ke nomor selular anda.

Apabila Penerima Pembiayaan tidak membayar cicilan beberapa kali dan tidak ada itikat untuk melanjutkan cicilan, maka pembiayaan tersebut akan disebut sebagai gagal bayar. Baca lebih lanjut mengenai gagal bayar di sini.

Kami memotong biaya serta inefisiensi yang seringkali muncul dalam perbankan tradisional dan memberikan manfaat lebih kepada Pemberi Pembiayaan dan Penerima Pembiayaan. Kami akan menghubungkan Anda dengan Penerima Pembiayaan yang sudah kami evaluasi kelayakan dan kemampuan pembayarannya.
Setelah permohonan pembiayaan selesai dievaluasi dan diverifikasi, Restock akan menentukan penilaian kredit dan menentukan tingkat bunga pembiayaan. Setelah itu pembiayaan akan disampaikan kepada para Pemberi Pembiayaan untuk dapat didanai dengan sistem lelang.

Peer-to-Peer Lending atau yang dikenal sebagai loan-based crowdfunding atau marketplace lending adalah skema pembiayaan pembiayaan dimana pelaku usaha mengajukan pembiayaan untuk didanai secara langsung oleh kumpulan pemberi pembiayaan, tanpa melalui perantara bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Restock mempertemukan peminjam dengan pemberi pembiayaan. Restock juga melakukan analisis kelayakan dan risiko pembiayaan, serta mengurus seluruh tertib administrasi pembiayaan, seperti distribusi pembayaran pembiayaan dan penagihan.

Pelaku usaha, baik yang berbentuk usaha perseorangan, firma, CV ataupun PT, dapat mengajukan pembiayaan di Restock.

Syarat mengajukan pembiayaan usaha di Restock adalah:
Sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun, dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Untuk usaha yang berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan kami sepanjang jumlah pembiayaan lebih dari Rp200 Juta.
Sudah berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
Membuat proposal pembiayaan dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.

Dokumen yang perlu kamu unggah dalam proses pengajuan pembiayaan di Restock:

No Dokumen Yang Diperlukan
1 Dokumen pendirian usaha berupa akta pendirian/anggaran dasarnya bila usaha berbentuk PT/CV/Firma. Untuk usaha perorangan, cukup memberikan KTP.
2 Laporan keuangan tahunan sederhana paling tidak 1 tahun terakhir mencakup laporan laba rugi. Laporan keuangan ini bisa laporan internal maupun laporan yang telah diaudit.
3 Rekening koran atau Mutasi Rekening selama 6 bulan terakhir.
4 Ijin usaha, SIUP, NPWP, NIB, Surat Keterangan Domisili Usaha (selengkapnya).
5 Salinan KTP pendiri dan tim manajemen usaha.

Skema pembiayaan di Restock dapat di lihat di halaman Penerima Pembiayaan

Pemberi pembiayaan adalah masyarakat umum sebagai kumpulan pemberi pembiayaan yang terdaftar dengan memperlihatkan bukti data KTP serta rekening bank di Indonesia. Restock juga bekerja sama dengan beberapa institusi untuk menjadi stand-by lender di Restock.

Penggalangan dana pembiayaan berlangsung selama maksimal 30 hari. Pada akhir periode tersebut apabila jumlah dana pembiayaan yang terkumpul lebih dari atau sama dengan 80% dari jumlah pembiayaan, maka penggalangan berhasil dan akan memasuki masa finalisasi dan pengiriman dana pembiayaan untuk usahamu. Bila tidak mencapai 80%, maka penggalangan gagal dan dana kumpulan pemberi pembiayaan kami kembalikan ke akun pemberi pembiayaan.

Kamu dapat mengajukan pembiayaan usaha mulai dari Rp50.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000.

Suku bunga yang ditawarkan adalah sebesar 24%-36% per tahun (bunga flat). Besaran suku bunga ditentukan oleh Restock berdasarkan grade dari pembiayaan tersebut yang didapatkan dari hasil analisis kelayakan dan risiko usahamu.

Sistem bunga flat adalah sistem perhitungan bunga dimana porsi bunga dihitung berdasarkan jumlah pokok utang awal. Misalnya utang Rp1.200.000 dengan bunga flat sebesar 12% per tahun/1% per bulan (sama dengan 21.46% bunga efektif per tahun/1.78833% per bulan), maka dalam setahun pembayaran pokok adalah sebesar Rp1.200.000 dan pembayaran bunga adalah sebesar Rp144.000 (12% x Rp1.200.000), dengan perincian sebagai berikut:

Bulan Sisa Pokok Pembiayaan
Di Awal Bulan
Cicilan Pokok Pembayaran Bunga Bulanan
1 Rp 1.200.000 Rp 90.543 Rp 21.457
2 Rp 1.109.457 Rp 92.162 Rp 19.838
3 Rp 1.017.295 Rp 93.810 Rp 18.190
4 Rp 923.486 Rp 95.487 Rp 16.513
5 Rp 827.998 Rp 97.195 Rp 14.805
6 Rp 730.804 Rp 98.933 Rp 13.067
7 Rp 630.871 Rp 100.702 Rp 11.298
8 Rp 531.170 Rp 102.502 Rp 9.498
9 Rp 428.668 Rp 104.335 Rp 7.665
10 Rp 324.333 Rp 106.201 Rp 5.799
11 Rp 218.132 Rp 108.100 Rp 3.900
12 Rp 110.033 Rp 110.033 Rp 1.967
Total Rp 1.200.000 Rp 144.000
Rp 1.344.000

Sesuai dengan keperluan dan kemampuan usaha unik kamu, tenor pembiayaan dimulai dari 1 sampai 12 bulan.

Besar angsuran dihitung dari besar bunga, tenor pembiayaan dan periode pembayaran pokok pembiayaan (bulanan, tiga bulanan, empat bulanan, semesteran, tahunan atau satu kali pembayaran di akhir tenor pembiayaan).

Restock akan memungut 3% dari nominal yang di approve tim Restock.

Kamu akan melakukan pembayaran atas pembiayaan dan bunga melalui virtual account yang kami berikan atau menggunakan transfer pada rekening yang tertera pada dashboard kamu.

Bisa iya, bisa tidak. Tergantung kemampuan kamu untuk menyediakan agunan. Agunan yang dapat disertakan bisa berbentuk tagihan/invoice, inventory, peralatan, kendaraan bermotor, tanah dan bangunan, perhiasan, saham atau surat berharga sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan oleh tim Restock. Penyertaan agunan mempengaruhi kelayakan pembiayaan dan mengurangi risiko, sehingga berbanding lurus dengan grade dan suku bunga dari pembiayaan yang kamu ajukan.

Bisa iya, bisa tidak. Pembiayaan bisa dijamin oleh penjamin pribadi (personal guarantor), penjamin perusahaan (corporate guarantor), ataupun tidak dijamin oleh pihak ketiga manapun. Pemberian jaminan pribadi atau jaminan perusahaan mempengaruhi kelayakan pembiayaan dan mengurangi risiko, sehingga berbanding lurus dengan grade dan suku bunga dari pembiayaan yang kamu ajukan.

Ya. Kamu dapat melunasi pembiayaan lebih dulu sebelum akhir tenor pembiayaan tanpa adanya penalti. Dalam hal demikian, peminjam harus membayar bunga sampai dengan akhir bulan dari tanggal pelunasan pembiayaan.

Tidak. Kami tidak mengungkapkan identitasmu sebagai peminjam kepada pemberi pembiayaan, kecuali sebagaimana diatur lain dalam perjanjian kredit terkait.

Disclaimer Resiko :
  1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  2. Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.
  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.
  4. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  5. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman
  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial
  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.
  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.
  9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut di atas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.