Credit Hero

Penilaian Kredit

Penilaian kredit ini meliputi kegiatan analisa terhadap kelengkapan, keabsahan, dan kelayakan data permohonan kredit untuk para Penerima Pembiayaan.

Penilaian Kredit

Restock melakukan Penilaian Kelayakan dan Risiko Pembiayaan dengan sistem penilaian kredit yang fokus kepada 5 hal ini :

Traction
Traction atau traksi menjadi acuan Restock untuk menilai keberhasilan Penerima Pembiayaan dalam menjalankan bisnisnya. Traksi yang baik menunjukkan potensi serta masa depan dari Penerima Pembiayaan, yang tentunya akan memberikan kesan yang baik kepada pihak terkait, dalam hal ini adalah Pemberi Pembiayaan. Traksi juga menjadi validasi bahwa layanan atau produk yang ditawarkan Penerima Pembiayaan direspon baik oleh pasar, yang tepatnya bisa dinilai dari data pergantian aset dan inventori usaha di platform Warehouse serta performa Penerima Pembiayaan.

Biaya

Transparan. Tanpa biaya tambahan apapun.
Bebas biaya pendaftaran maupun pengajuan pembiayaan. Beban biaya hanya berlaku ketika pembiayaan Anda berhasil didanai oleh para Pemberi Pembiayaan. Bagi Anda yang sedang memiliki kebutuhan pembiayaan, pelajari terlebih dahulu biaya-biaya yang akan dibebankan saat Anda telah berstatus “Disbursed”.

Begitu juga dengan Pemberi Pembiayaan, hanya pokok pembiayaan dan bunga yang akan Anda terima sepenuhnya.

Metode Suku Bunga

Metode Suku Bunga

Tingkat Suku Bunga pada Restock yang memiliki Rating AAA mempunyai risiko terendah sehingga terefleksi terhadap tingkat bunga yang didapatkan paling rendah. Sedangkan untuk rating BB mempunyai risiko yang lebih tinggi sehingga tingkat bunga yang didapatkan juga semakin tinggi.

Kriteria Penilaian

Restock melakukan penilaian kelayakan dan risiko pembiayaan pelaku usaha dengan internal credit scoring system yang fokus kepada 8 hal di bawah ini:

Karakter UMKM (BI Checking)
BI adalah institusi negara dengan tugas pokok menjaga stabilitas nilai rupiah yang tercermin pada angka inflasi. Sebagai otoritas moneter yang independen, BI adalah mitra Pemerintah dalam ikut serta mendukung perkembangan UMKM. Salah satu wujud dukungan itu adalah dengan membantu membuka akses UMKM ke sektor finansial untuk pembiayaan yang berkelanjutan.

Rating Restock dimulai dari AAA sampai dengan BBB, namun yang disetujui hanya AAA sampai dengan BB, dengan detail sebagai berikut:


Rating Suku Bunga - Dengan dan Tanpa Asuransi Angunan
AAA 1.25% Ya
AA 1.26% - 1.50% Ya
A 1.51% - 2.00% Ya
BBB 2.01% - 2.50% Ya
BB 2.51% - 3.00% Ya
B >3.0% Ya

Rating AAA mempunyai risiko terendah sehingga terefleksi terhadap tingkat suku bunga yang didapatkan yang merupakan paling rendah. Sedangkan untuk rating BBB mempunyai risiko yang lebih tinggi sehingga tingkat suku bunga yang didapatkan juga semakin tinggi.

Restock berkomitmen untuk meminimalkan risiko pembiayaan dengan menggunakan kriteria-kriteria penilaian risiko di atas, dan sebagai tambahan, kami menyarankan Anda melakukan diversifikasi pemberian pembiayaan Anda untuk menurunkan risiko lebih jauh lagi.

Disclaimer Risiko

  1. Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  2. Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pembiayaan. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.
  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pembiayaan dan/atau Penerima Pembiayaan) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.
  4. Pemberi Pembiayaan yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  5. Penerima Pembiayaan harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.
  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.
  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pembiayaan atau Penerima Pembiayaan.
  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Pembiayaan maupun Penerima Pembiayaan (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pembiayaan dan/atau Penerima Pembiayaan.
  9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Pembiayaan dan/atau Penerima Pembiayaan wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut di atas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

v1.3.0 - Copyright © 2019 - 2024 Restock.ID